1)      Menguasai konsep pendidikan, psikologi, dan research untuk melandasi pelayanan bimbingan dan konseling (KN)

2)      Menguasai konsep dan praktik bimbingan dan konseling dalam berbagai konteks dan permasalahan (KN)

3)      Mampu mengaplikasikan prinsip pertumbuhan dan perkembangan individu dalam pelayanan bimbingan dan konseling (SC)

4)      Mampu merancang, menerapkan dan memanfaatkan hasil asesmen kebutuhan untuk layanan bimbingan dan konseling (SC)

5)      Mampu melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan memilih metode, teknik, dan multimedia yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran layanan yang berasal dari keberagaman sosial budaya (SC)

6)      Mampu mengelola layanan bimbingan dan konseling dalam berbagai konteks serta melaporkan hasilnya kepada pihak-pihak terkait dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (SC)

7)      Mampu berperan sebagai pemimpin dalam mengerjakan tugas layanan bimbingan dan konseling (GC)

8)      Mampu berkomunikasi dan bekerja dalam tim secara efektif (GC)

9)      Mampu mendesain dan melaksanakan penelitian berdasarkan kaidah dan etika ilmiah dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif (GC)

10)  Mampu menampilkan kinerja pelayanan sesuai etika profesional (AS)

11) Mempunyai kemauan untuk meningkatkan pengetahuannya dan dapat melanjutkan studi lanjut (AS)



PLO of  The Undergraduate Program of Guidance and Counseling

ASPECTS

PLO

PLO CODE

CODE

KNOWLEDGE

Menguasai konsep pendidikan, psikologi, dan research dalam melandasi pelayanan Bimbingan dan Konseling

PLO 1

KN-1

Menguasai konsep dan praktik bimbingan dan konseling dalam berbagai konteks dan permasalahan

PLO 2

KN-2

SPECIAL COMPETENCIES

Mampu mengaplikasikan prinsip pertumbuhan dan perkembangan individu dalam pelayanan bimbingan dan konseling

PLO 3

SC-1

Mampu merancang, menerapkan dan memanfaatkan hasil asesmen kebutuhan untuk layanan bimbingan dan konseling

PLO 4

SC-2

Mampu melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan memilih metode, teknik, dan multimedia yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran layanan yang berasal dari keberagaman sosial budaya

PLO 5

SC-3

Mampu mengelola layanan bimbingan dan konseling dalam berbagai konteks serta melaporkan hasilnya kepada pihak-pihak terkait dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi

PLO 6

SC-4

GENERAL COMPETENCIES

Mampu berperan sebagai pemimpin dalam mengerjakan tugas layanan bimbingan dan konseling

PLO 7

GC-1

Mampu berkomunikasi dan bekerja dalam tim secara efektif

PLO 8

GC-2

Mampu mendesain dan melaksanakan penelitian berdasarkan kaidah dan etika ilmiah dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif

PLO 9

GC-3

ATTITUDE AND SOCIAL

Mampu menampilkan kinerja pelayanan sesuai etika profesional

PLO 10

AT-1

Mempunyai kemauan untuk meningkatkan pengetahuannya dan dapat melanjutkan studi lanjut

PLO 11

AT-2

    

 

       KN : Knowledge

       SC : Specific Competence

SC : General Competence

       AT : Attitude Competence



Correlation between the PEO and PLO of The Undergraduate Program of Guidance and Counseling, Unesa

 

 

PEO 1

PEO 2

PEO 3

PEO 4

PEO 5

KN-1

S

NS

NS

NS

NS

KN-2

S

NS

NS

NS

NS

SC-1

S

S

S

NS

NS

SC-2

S

S

S

NS

NS

SC-3

S

S

S

NS

NS

SC-4

S

S

S

S

NS

GC-1

S

NS

S

S

NS

GC-2

S

NS

S

S

NS

GC-3

S

S

NS

NS

NS

AT-1

S

S

S

NS

NS

AT-2

NS

NS

NS

NS

S

S-Strong, NS-Not Strong




Mapping of the courses that support the Program Learning Outcomes (PLO).

No.

Code

Courses

Term

KN

1

KN

2

SC

1

SC

2

SC

3

SC

4

GC

1

GC

2

GC

3

AT

1

AT

2

1.        

 

Religion

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.        

 

Digital Literacy

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.        

 

Fundamentals of Guidance and Counseling

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.        

 

Guidance and Counseling Profession

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.        

 

Basic Counseling Skills

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.        

 

Psychological Assessment with Non- Testing Technique

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7.        

 

Statistics

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8.        

 

Science Education

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9.        

 

Educational Psychology

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10.    

 

Principles Pancasila

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11.    

 

Indonesian Language

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12.    

 

Civics

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13.    

 

Physical and Fitness Education

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14.    

 

Inclusive Education

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15.    

 

Development Guidance and Counseling

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

16.    

 

Theory and Practice of Psychodynamic Counseling

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

17.    

 

Psychological Assessment with

Testing Technique

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

18.    

 

Information Technology and Media Guidance

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

19.    

 

School Curriculum

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

20.    

 

Group Approach in Guidance and Counseling

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

21.    

 

Counseling Children with Special Needs

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

22.    

 

Crisis Counseling

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

23.    

 

Theory and Practice of Behavioral Counseling

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

24.    

 

Theory and Practice of Cognitive-Behavioral Counseling

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

25.    

 

Theory and Practice of Humanistic Counseling

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

26.    

 

Guidance and Counseling Management

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

27.    

 

Case Study

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

28.    

 

Development of Guidance and Counseling Programs

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

29.    

 

Addiction Counseling

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

30.    

 

Theory and Practice of Post-modern Counseling

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

31.    

 

Theory and Practice of Multicultural Counseling

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

32.    

 

Psychological Testing Development

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

33.    

 

Enterpreneurship

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

34.    

 

Research Methodology

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

35.    

 

Service Material Development

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

36.    

 

Evaluation and Supervision of Guidance and Counseling

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

37.    

 

Micro Guidance and Counseling

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

38.    

 

Child and Adolescent Problems

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

39.    

 

Psychoeducation

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

40.    

 

Behavior Analysis and Modification

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

41.    

 

Conflict Resolution

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

42.    

 

Interpersonal Communication

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

43.    

 

Career Planning

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

44.    

 

Development of Personality

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

45.    

 

Andragogy & Hetaugogi

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

46.    

 

Group dynamics

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

47.    

 

Deviant Social Behavior

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

48.    

 

School Based Experience

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

49.    

 

Community Service

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

50.    

 

Thesis

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

The color different indicates the difference in PLO

PLO 1 (KN 1) :     

PLO 2 (KN 2):

PLO 3 (SC 1):

PLO 4 (SC 2):

PLO 5 (SC 3):

PLO 6 (SC 4):

PLO 7 (GC 1):

PLO 8 (GC 2):

PLO 9 (GC 3):

PLO 10 (AT 1):

PLO 11 (AT 2):