Berdasarkan buku pedoman akademik Universitas Negeri Surabaya tahun 2023 [Lampiran 2301], proses pembelajaran pada program studi di Fakultas Ilmu Pendidikan dilaksanakan dengan metode pembelajaran efektif dengan pendekatan student centered learning (SCL). Metode pembelajaran yang digunakan antara lain diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, collaborative learning, cooperative learning, project based learning, problem based learning, atau metode pembelajaran efektif lainnya yang dapat memfasilitasi pencapaian capaian pembelajaran. Pembelajaran dapat dilaksanakan secara daring, luring, maupun blended learning. Pranala pembelajaran daring dapat diakses melalui SIDIA sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh koordinator program studi. Platform SIDIA berbasis Moodle untuk menjamin aksesibilitas dan inklusivitas bagi seluruh pengguna. Pranala tersebut dapat diakses oleh seluruh mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah masing-masing. Perkuliahan daring dapat dilaksanakan di ruang kelas yang telah ditentukan oleh masing-masing program studi. Dalam proses pembelajaran, program ini memanfaatkan blended learning untuk berinteraksi dengan mahasiswa melalui media komunikasi seperti WhatsApp group, Zoom meeting, Google Meet, Google Classroom, dan e-learning terpadu dengan single sign-on untuk menyampaikan informasi terkait perkuliahan dan tugas dari dosen masing-masing [Lampiran 2302].

        Setiap mata kuliah di Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA menggunakan metode pembelajaran berbasis student-centered learning untuk mendorong partisipasi aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran. Dalam mengembangkan berbagai metode pembelajaran, dosen melalui beberapa tahapan proses, meliputi: (1) Berbagi dan mengolah informasi melalui perkuliahan, diskusi, seminar, studi kasus, project-based learning, laboratorium, dan penelitian; (2) Proses internalisasi melalui latihan, respons, tugas rumah, tutorial, diskusi, dan kerja kelompok; (3) Proses mekanisme umpan balik melalui diskusi; (4) Proses evaluasi melalui penilaian capaian pembelajaran oleh dosen dan peer evaluation. Sesuai dengan buku pedoman pengembangan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum Universitas Negeri Surabaya tahun 2023, program studi mempunyai keleluasaan untuk mengembangkan berbagai metode pengajaran sesuai dengan karakteristik masing-masing mata kuliah pada setiap program studi.