Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dirumuskan oleh program studi berdasarkan hasil pelacakan lulusan, masukan dari pemangku kepentingan, asosiasi profesi, konsorsium keilmuan, tren perkembangan keilmuan/profesi di masa depan, dan hasil evaluasi kurikulum. Berdasarkan profil lulusan, Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dirumuskan sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 6 (sarjana) dan SN-Dikti, mencakup aspek sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai PLO program studi BK:

    CPL 1: Menguasai konsep pendidikan, psikologi, dan penelitian sebagai landasan pelayanan bimbingan dan konseling.

    CPL 2: Menguasai konsep dan praktik bimbingan dan konseling dalam berbagai konteks dan situasi.

    CPL 3: Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip pertumbuhan dan perkembangan individu dalam layanan bimbingan dan konseling.

    CPL 4: Mampu merancang, melaksanakan, dan memanfaatkan hasil asesmen kebutuhan dalam layanan bimbingan dan konseling.

    CPL 5: Mampu menyelenggarakan layanan bimbingan dan konseling dengan memilih metode, teknik, dan multimedia yang relevan, dengan mempertimbangkan kebutuhan penerima layanan yang berasal dari berbagai latar belakang sosial budaya.

    CPL 6: Mampu mengelola layanan bimbingan dan konseling dalam berbagai konteks dan melaporkan hasilnya kepada pihak-pihak yang berkepentingan dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

    CPL 7: Mampu berperan sebagai pemimpin yang jujur dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas bimbingan dan konseling.

    CPL 8: Mampu berkomunikasi dan bekerja secara efektif dalam tim.

    CPL 9: Mampu merancang dan melaksanakan penelitian berdasarkan kaidah dan etika ilmiah dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif.

    CPL 10: Mampu menunjukkan kinerja layanan kreatif sesuai dengan etika profesi.

    CPL 11: Memiliki kemauan untuk meningkatkan pengetahuan dan studi lanjut.


Tabel 1. CPL Program Studi Sarjana Bimbingan dan Konseling

ASPECTS

PLO

PLO CODE

CODE

KNOWLEDGE

Mastering the concepts of education, psychology, and research to underpin guidance and counseling services

PLO 1

KN-1

Mastering the concepts and practices of guidance and counseling in various contexts and situations

PLO 2

KN-2

SPECIAL COMPETENCIES

Able to apply the principles of individual growth and development in guidance and counseling services

PLO 3

SC-1

Capable of designing, implementing, and utilizing the

results of needs assessment for guidance and counseling services

PLO 4

SC-2


Competent in delivering guidance and counseling services by selecting relevant methods, techniques, and multimedia, while considering the needs of the target

audience originating from cultural diversity

PLO 5

SC-3


Proficient in managing guidance and counseling services

PLO 6

SC-4


in various contexts and reporting the results to relevant




parties using information and communication technology



GENERAL COMPETENCIES

Able to act as a leader in carrying out guidance and counseling service tasks

PLO 7

GC-1

Capable of communicating and working effectively within a team

PLO 8

GC-2

Competent in designing and conducting research based on scientific principles and ethics using both qualitative and quantitative methods

PLO 9

GC-3


ATTITUDE AND SOCIAL

Able to demonstrate service performance in accordance with professional ethics

PLO 10

AT-1

Have the willingness  to enhance their knowledge and

pursue further studies

PLO 11

AT-2


KN : Knowledge

SC : Specific Competence SC : General Competence AT : Attitude Competence