Kuliah Tamu : Trend dan Issue Implementasi MBKM Pada Pengembangan Tema-Tema Penelitian Bimbingan dan Konseling
![](https://statik.unesa.ac.id/bk/thumbnail/9ed6af58-452f-4aef-9253-071d6c51bf4a.jpg)
Program Studi S1 dan S2 Bimbingan dan Konseling,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya telah berhasilmenyelenggarakan kuliah tamu dengan tajuk “Trend dan Issue ImplementasiMBKM pada Pengembangan Tema-TemaPenelitian Bimbingan dan Konseling” pada hari minggu 06 Maret 2022 di Gedung O5Lantai 3 FIP UNESA.
Acara ini disambut langsung oleh Wakil DekanBidang Pendidikan, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Budi Purwoko, M.Pd, iamenyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Koordinator Prodi S1 BK IbuEvi Winingsih, S.Pd, M.Pd dan Koordinator Prodi S2 Ibu Dr. Najlatun Naqiyah,M.Pd dan Program Studi S1 dan S2 Bimbingan dan Konseling FIP yang telahmempersiapkan dan menyelenggarakan kuliah tamu ini dengan baik. Kuliah tamu ini yang berfungsi sebagai tempat berdiskusiuntuk membahas transformasikebijakan Merdeka Belajar yang berfokus pada minat dan bakat serta kemampuanpeserta didik.Bimbingan dan Konselingdiharapkan mampu mengakomodasi peserta didik untukmenyiapkan masa depannya sesuai dengam kemampuan dan standar kemandirian peserta didik.” Ujar Dr. BudiPurwoko, M.Pd
Tantangan terbesar Bimbingan dankonseling dalam MBKM adalah Membantu Peserta didik mencapai perkembangan Optimal dan kemandiriansecara utuh melalui aspek Pribadi,Sosial, Belajar dan Karirmelalui Prinsip Layanan BK : (1) Membangun Inklusivitas (2) Pencapaian Perkembangan Optimal Peserta Didik
Narasumber oleh Prof. Abdul Saman,M.Si., Ph.D., Kons (Dekan FIP UNM) Trendand Issue implementasi MBKM dalam pengembangan Tema-Tema Penelitian BK yaitu (1) Proffiling peserta didik melalui AssesmenTes dan atau non tes untuk bakat dan minat, (2) Pemetaan potensi dan kompetensi PD sesuai profil belajar PD, (3) Analisis kebutuhan layanan BK berdasarkankebutuhan karier abad 21, (4) Eksperimentasi / Treatmen layanan BK Prespektif Global, (5) Pengembangan pendekatan layanan krisis, (6)Pengembangan pendekatan konselingberwawasan kebangsaan dan kearifan lokal, (7) Pengembangan Instrumentasi tes dan/ atau non tes era distursi, (8) Pengembangan media BK sesuai perkembangan Society5.0