Pembuatan Teknologi Informasi oleh Mahasiswa BK Unesa 2023 B
![](https://statik.unesa.ac.id/bk/thumbnail/aa39cbad-3f43-4f25-acac-625c0f1f89e7.jpg)
"Teknologi Informasi & Media Bimbingan Konseling"
1. Membuat Flipbook untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi
Para peserta diberikan pelatihan dan panduan untuk membuat flipbook yang difokuskan pada peningkatan kemampuan literasi numerasi. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu peserta, terutama para siswa, dalam memahami konsep-konsep dasar matematika dan literasi melalui media flipbook yang interaktif dan menarik. Para peserta diajarkan cara menyusun materi, mendesain halaman, serta menambahkan elemen interaktif untuk memudahkan pembelajaran.
2. Membuat Poster Animasi untuk Meningkatkan Kesadaran Desain Menarik
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman peserta tentang pentingnya desain yang menarik dan efektif dalam menyampaikan pesan. Melalui pelatihan ini, peserta dibimbing dalam menggunakan perangkat lunak animasi untuk membuat poster yang tidak hanya menarik secara visual tetapi juga mampu menyampaikan pesan dengan jelas dan tepat sasaran.
3. Membuat Flipbook SITATIB
Peserta dilatih untuk membuat flipbook SITATIB, yaitu layanan edukasi berbasis digital yang berisi jenis-jenis pelanggaran serta sanksi yang diberikan. Flipbook ini dirancang untuk membantu siswa memahami peraturan sekolah dan konsekuensi dari setiap pelanggaran yang dilakukan. Peserta diajarkan cara menyusun konten yang edukatif, mendesain halaman dengan visual menarik, serta menambahkan elemen interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa.
4. PPT Menyikapi Misteri Perilaku Membolos
Membahas tentang perilaku membolos di kalangan siswa. Peserta diberikan materi dalam bentuk presentasi PowerPoint (PPT) yang membahas faktor-faktor penyebab siswa membolos dan strategi efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Melalui presentasi ini, peserta diajak untuk memahami lebih dalam tentang perilaku siswa dan mencari solusi yang tepat untuk menghadapinya. Presentasi ini juga dilengkapi dengan studi kasus dan diskusi interaktif untuk memperkaya pemahaman peserta.
5. Video Animasi Pembelajaran Dasar Mengenai Huruf dan Latihan Membaca
Peserta diberikan pelatihan dalam pembuatan video animasi pembelajaran dasar mengenai huruf dan latihan membaca. Video ini dirancang dengan struktur pembuka, isi, dan penutup yang menarik dan edukatif. Pada bagian pembuka, para pembuat video diajarkan cara menyapa audiens secara interaktif, sementara pada bagian isi, fokus diberikan pada penyampaian materi pembelajaran mengenai huruf dan latihan membaca dengan metode yang menyenangkan. Bagian penutup berfungsi untuk merangkum materi yang telah disampaikan dan memberikan pesan-pesan penting kepada audiens.
Kegiatan "Teknologi Informasi & Media Bimbingan Konseling Unesa" berjalan dengan sukses dan memberikan manfaat yang besar bagi para peserta. Melalui berbagai sesi yang diselenggarakan, peserta memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dalam membuat media pembelajaran interaktif dan edukatif serta para creator telah diberikan penghargaan berupa HKI. Diharapkan kegiatan ini dapat terus berlanjut dan memberikan kontribusi positif dalam dunia pendidikan, khususnya dalam meningkatkan literasi numerasi, kesadaran desain, dan pemahaman perilaku siswa.
Anda bisa mengakses pada link berikut: